Selasa, 20 April 2010

Penerapan Konsep Ecogreen




Gambar Beberapa bangunan yang atap bangunannya ditumbuhi rumput

Manusia adalah makhluk sosial yang banyak berinteraksi dengan manusia lainnya ataupun dengan lingkungannya. Telah diketahui bahwa kebutuhan manusia untuk dapat bertahan hidup adalah terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan dan papan. Namun dalam perkembangannya ternya bukan hanya 3 hal itu saja, transportasi juga dirasa sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan manusia terutama di kot-kota besar. Kebutuhan papan merupakan suatu yang penting untuk dipenuhi secara benar, aman dan nyaman karena merupakan tempat berlindung manusia dari gannguan iklim dan bahaya lainnya serta untuk interaksi dengan keluarga.
Saat ini banyak konep-konsep perencanaan pembangunan perumahan yang menggunakan konsep ecogreen. Konsep ini muncul untuk menjawab isu global warming yang menimpa seluruh dunia. Konsep hijau dan ramah lingkungan sangat diperlukan untuk mengurangi hal-hal yang bisa memperparah panas bumi dan untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat dengan alam.
Banyak beberapa rumah dan bangunan yang didesain dengan menerapkan konsep ecogreen. Salah satunya yaitu atap rumah maupun bangunan bisa ditumbuhi rumput. Mungkin hal ini dilakukan untuk meyerap sinar matahari dan membuat sirkulasi udara menjadi sejuk dan tidak terlalu panas. Penerapan kosep hijau ini memang sudah menjadi trend sekaligus kewajiban bagi kita para perancang banguan dan masyarakat agar bisa mengurangi efek global warming dan diharapkan dapat menciptakan lingkunganang segar, sejuk dan mengurangi polusi serta bagi kelangsungan hidup yang sehat di bumi ini.

sumber gambar,:(http://terselubung.blogspot.com/2010/04/8-bangunan-dengan-atap-hijau-yang-luar.html,http://hadinisme.blogspot.com/2010/03/8-bangunan-dengan-atap-rumput-yang-luar.html)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar